SUZUKI LS650 SAVAGE ’88
Aktualisasi diri bagi M.N. Pradipta yang
berprofesi sebagai sutradara memang sangat diperlukan, kreatifitas
serta imajinasi tak terbatas dalam membuat sebuah karya menjadi satu hal
yang mutlak bagi pria yang akrab disama Eman ini. Pun begitu terlihat
menonjol sisi yang serba simpel dalam menjalankan profesinya sekaligus
juga termasuk gaya hidupnya. Persis seperti saat Bro Eman mulai tertarik
melihat motor-motor kustom yang sering dilihatnya dijalan ataupun saat
sedang berselancar didunia maya. “Pengen punya motor kustom yang simpel
dan praktis Bro, tapi harus terkesan nakal dan liar…”, begitu ungkapnya
saat bertandang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike.
Pilihannya pun agak sedikit nyeleneh, sebuah Suzuki LS650 Savage
lansiran tahun 1988 yang praktis jarang dilirik untuk dijamah bagi
kebanyakan orang. Motor big single engine yang disebut juga Suzuki
Boulevard s40 652 cc atau setara 40 cu in satu silinder SOHC dengan bore
x stroke 94.0 X 94.0 mm yang bisa mengail tenaga maksimum 30 hp menjadi
pilihan yang mantap bagi Bro Eman untuk memulai project perdananya.
“Konsepnya bobber Bro, tetap seperti keinginan gue untuk terkesan simpel
dan praktis…”, pesannya saat berdiskusi soal ubahan pada motornya
tersebut. Setelah segala sesuatu yang menyangkut konsep yang diimpikan
Bro Eman disepakati, proses pengerjaan pun dimulai.
Langkah awal melucuti mesin dari
rangka bawaan motor, dilakukan over haul agar mesin bisa kembali
maksimal dengan mengganti beberapa part yang sudah mulai bermasalah.
Proses powder coating serta polishing juga dilakukan untuk menampilkan
kesan luar mesin yang resik. Bagian bodi meliputi tangki, alas jok,
spatboard belakang serta wadah penyimpanan aki dibuat menggunakan
material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm. Kelar pengerjaan bodi
lanjut melaburnya dengan warna red candy yang dibuat menjadi semi doff
mengandalkan cat dan pernis keluaran Sikkens. Disinipun terlihat laburan
warna yang sangat simpel, hanya melakukan sedikit kombinasi warna hitam
disisi kiri dan kanan tangki dan membubuhkan logo Suzuki dengan pilihan
warna silver. Lanjut ke sektor kaki-kaki, shock depan bawaan motor yang
ber-genre custom cruiser ini dilucuti, diganti dengan shock teleskopik
berdiameter 41 mm plus triple tree custom menggunakan bahan dural
berpadu dengan lingkar velg custom 16X3.00 Inch yang dipasangkan ban
Firestone Deluxe Champion 5,00-16. Dibagian belakang lengan ayun custom
dipasangkan untuk memberikan kesan kekar diburitan. Pilihan shock
belakang YSS dirasa cukup bagi Bro Eman sedangkan lingkar roda belakang
memanfaatkan velg custom 16X3.50 Inch yang juga bersanding dengan ban
Firestone Deluxe Champion 5.00-16. Beberapa part lain dipasangkan
menyesuaikan dengan konsep awal yang diinginkan Bro Eman, lampu depan
dan belakang dengan cover custom ala helm tentara romawi jaman dulu,
stang ala fatbar dengan hand grip copotan Yamaha Mio Fino dan takometer
TDH sebagai penunjuk putaran mesin. Mendukung performa mesin, pengabut
bahan bakar asli bawaan motor ditukar dengan karbu Keihin PWK 41 Sudco
serta saluran gas buang racikan Flash Muffler Custom membuat suara yang
dihasilkan cukup menggelegar.
Ada kepuasan tersendiri saat
berhasil menyelesaikan motor ini, setidaknya banyak pembelajaran yang
didapatkan saat merestorasi bagian mesinnya. Hasil akhirnya pun pas
seperti yang Bro Eman inginkan, desain ala bobber dengan ground
clearance yang rendah plus pilihan warna pada motor ini memang
menjadikan tampilan akhirnya terlihat nakal dan liar. “Pas banget Bro
seperti yang gue pengen, bener-bener dah gak sabar untuk dipakai
aktifitas ke lokasi shooting sekaligus buat ngeracunin temen-temen
gue…”, ucap pria yang baru saja dikaruniai momongan ini. Buat banyak
orang yang kebetulan berkunjung ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike pun
cukup dibuat penasaran dengan tampilan mesin gambot satu silinder dari
Suzuki ini, dan yang pasti komentar positif banyak bermunculan saat
melihat hasil akhir dari motor Bro Eman tersebut. The Red Naughty Bro!
Spesifikasi :
- Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
- Painting & Airbrush by KOMET Studio
- Shock Depan Teleskopik 41 mm
- Velg 16X3.00 Inch & 16X3.50 Inch
- Ban Firestone Deluxe Champion 5.00-16
- Lengan Ayun Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
- Shock Belakang YSS
- Karbu Keihin PWK 41 Sudco
- Knalpot Custom by Flash Muffler Custom
No comments:
Post a Comment